Thursday, June 7, 2012

second opinion is a must


kuta lombok....
namanya manusia, roda kehidupan terus berputar, kadang senang, kadang sedih.. selesai jalan2 hahahehehahaheheh bersama Mr.A..
sakit anyang2an gue kumat (apa yah bahasa anyang2an teh, ituloh yang pipisnya sedikit2 keluarnya, dan agak sakit)... sebenarnya tahun 2008 gue pernah mengalami itu cm smp dengan H-1 ngunduh mantu ga pernah kumat itu penyakit, sayaangnya si penyakit itu datang H+2minggu setelah menjadi nyonyah (malam ngunduh mantu), karna tidak memungkinkan ke RS, saat itu gue diajak ke tempat saudara yang kebetulan dokter.. beliau pesan, nanti kalau semua acar sdh selesai coba ke dokter spesialis... dikarnakan itu pipis lanjar jaya smp H+2,5bulan pasca menyandah gelar nyonyaah, jadilah gue ga ke dokter :D

dilalahnya si penyakit datang menghampiri gue, kangen kayanya dia sama gue... ingat pesan gue harus ke dokter spesialis datanglah gue ke salah satu RS lumayan besar di daerah petamburan Jakarta Pusat, emmhh rumah sakit anak perusahaannya PT. PElayaran Nasional Indonesia.. daftar ke bagian AHLI Urologi.. jam 7 malem si dokter ahli itu harusnya praktek namun s.d jam 8 sang dokter ga nongol2.. huhuuu... dan tiba2 muncul laki2bertubuh tinggi berbadan tegap berbaju hitam2.. guanteeeeeeng bgt.. campuran arie sihasale sama didi riyadi.. sumpah gantenglah hehee.. ternyata dia dokternya... woww keceeee... :D
1x datang ga diapa2in, cm disuruh USG, bsk balik lagi, dikasih obatpun engga.. 2x dtg bawa hasil usg tetap ga diapa2in disuruh cek urin dan tetap ga dikasih obat... sebenernya sdh males bgt balik, krn sakitnya pun udh ga kerasa, dtg ga dikasih obat pulaa.. tp iseng pulang kerjaaa, sendiriaan... gue dtg untuk ke3xnya dan gue di disuruh teropong... aaah mau diapain ini, suami masih dijalan dr bdg.. pasrah iyahiyah ajaaah... pas diteropong gue mewek... beeeh serem bener kaya msk ruang semi operasi, kaki ditaikkin, di buka, dokter sm susternya juga pake baju hijau2, ada lampu2nya.. gimanaa gue ga parno.. gimana gue ga meweknyaa.. habislah gue diledekin si dokter ganteng itu.. setelah selesai, dokternya bilang.. suaminya blm dtg juga? udh jelasinnya nunggu suami km dtg aja, sy cek pasien yang lain dl, drpd km nangis lagi denger hasilnya....... huaaaaaaaaa kenapaaa ini...

dan Mr. A pun dtg.. kamipun masuk kembali ke ruang dokter ganteng itu
Mr. A : bagaimana dok hasilnya
dr : istri km ga bisa disembuhkan dgn obat2an, kalau disembuhkanpun akan kumat lagi kumat lagi.. 
Mr. A : memang apa masalahnya dok?
dr : terjadi peradangan akut disaluran pipisnya, dan saluran pipisnya sdh menyempit seperti anak usia 8thn, kalau tidak dilakukan pelebaran (operasi) kristal2 air pipis akan semakin membuat peradangan semakin parah.. dan akan mengganggu reproduksi kalian sebagai suami istri...jadi tidak ada jalan lain selain operasi, kapan mau tindakan??
Mr. A : oh gt dok, kalau bgtu secepatnya dok.
dr : kapan?
Mr. A : krn skrg sdh malam, jd BESOK dok
gue....... heeeeh masih meweeeeeek, masih shock apaan sih ini... :(
dr : oke, ini saya buatkan surat rekomendasi rawat inap mulai malam ini yah, spy bsk bisa dilakukan tindakan.
Mr. A : baik dok, makasih..
Mr dan Mrs. A pun keluar dari ruang praktek si doktek ganteng... gue disuruh duduk diruang tunggu oleh Mr. A dan dia riweuh ngurus administrasi kamar dll... saat itu gue ga bisa mikir, nelp mamahpun ga kepikiran... Mr. A pun dtg.. ini smuanya, km bs mask kamar apa gue lupaa.. gue ambil semua kertas2nya.. shock liat jumlah estimasi biaya... secaraaa yeeeh gue cm ditanggung sm askes dan RS itu ga bs pake askes.. langsung mengajukan proposal untuk pulang selain krn takut, gue juga mikirin biayanya.. tp Mr. A kekeuh tetep mau langsung gue tindakan... perdebatanpun berakhir dan pemenangnya adalaaah guee...

sesampainya dirumah, gue langsung masuk kamar dan melanjuti meratapi nasib kenapa bisa jadi seperti ini, harus apa.. sdgkan Mr. A diskusi dengan bokap.. malampun semakin larut, kami harus segera tidur... bsk paginya, Mr. A sdh punya bebrapa RS yang bekerjasama dengan askes.. dan pilihannya jatuh di RS angkatan dibilangan benhil.. capsus kesana dangue ditangani oleh dokter yang sdh sepuh menurut gue, beliau spesialis urologi.. bgtu masuk, konsultasi
gue : gini dok, sy dianjurkan operasi oleh rs ... karna hasil usg, urin, dan teropong nya seperti ini (sambil mengajukan berkas2)
dr : kacamata diidung kaya cupu gt pakenya, tangan pegang hp.. sambil baca trs geleng2, trs nanya penganten baru???
mr A : iyah dok baru hampir 3bulan
dr : menurut sy ga perlu operasi, ini hanya penyakit pengantin baru.. nanti minum obat yang saya resepkan, kalau 1bulan setelah minum obat masih sakit baru kontrol, klo ga yaud ga usah
dan minum ini (si dokter sambil nyatet di kertas coret2an) kunyit 50gr dan jintan hitam 2,5gr direbus dengan air dua gelas sampai menjadi 1gelas, diminum 1x sehari..
mr A : oh gt dok, ini di gabung dgn obat medis langsung atau berbeda waktunya
dr : herbalnya pagi, obatnya malam saja
mr A : baik dok, terima kasih dok
gue : ga mau bangun dr kursi masih bengong dan dalam hati ini gue ke dokter apa herbalis sih... dokternya gaaa menyakinkan bgt  

dan ternyata setelah 1bulan gue minum kemudian kontrol s.d skrg alhamdulillaaaah gue sehaaat, mengurangi rasa penasaran gue terhadap dokter yang meresepi gue ramuan herbal itu ternyata beliau kepala rs angkatan di daerah benhil ituuuh, dibawah kepemimpinan beliau RS mendapatkan 16 predikat apa gitu dari kemenkes.. dan ternyata beliau memang pro dengan herbal menurutnya herba itu benar-benar bebas bahan kimia dan sangat aman untuk digunakan sebagai terapi pendamping maupun alternatif yang aman... namun penggunaaannya juga harus sesuai dengan kondisi si pasien yang harus dipantau secara medis, dosisinya pun tidak sembarangan..

sujud syukur, saat itu gue ga langsung tindakan di rs yang pertama, bukan ga percaya sama yang ahli (dalam hal ini dokter) tetapi alangkah lebih baik ketika melakukan tindakan x, para ahli (lebih dari satu org yang ahli) mengatakan hal yang sama, sehingga menurut gue... second opinion is a must...

9 comments:

Annisa Rizky said...

Aku tau sapa dokter yang kasih resep herbal nya.. Hohoho..

Simply Nella said...

Benerrrr bangeeettt!!
Suka sebel deh sm suami gw tuh yg suka lsg percaya sm satu dokter dgn alsn safety first... huh...

Eh btw bu...pinter banget sih cari judul "Bulan Pertama"...dan "2nd opinion is a must" hihihi...
But i know the theme... :*

Koesoemo Widodo Family said...

wiihhh nape postingannye pake petunjuk2 gt si? sebut aje langsung rumah sakitnye napa, scra gue kagak ngarti mak RS2 di jkt, wkwkwkwkw

btw, cihuy donk uda sembuh.. hayo back to zilha,,jgn jd si mumun trs hehehe

ulan said...

gw baca postingan lo ini kok campur aduk ya? cengar cengir plus agak2 gimanaaa gitu :D

moga2 sehat terus ya say :)

btw suami gw samaan tuh ama suaminya jeung nela, terlalu percaya dokter dan panikmat obat (=_=")

ndhachiyo said...

iya niy knp pke clue2 gtu c.. lsg to the point aja sebutin nama dokter n rs nya.. pan bs buat referensi :D

tpi kece jg tuh dokter yah :D

Sharleen said...

Agree Zilhaaaa.... :)

Rere said...

bener banget zilha, klo emang menurut kita ga sreg emang butuh second opinion, klo perlu third opinion biar lebih mantep ^^.

Annisa Rizky said...

Kol.(laut) dr.Gardjito,Sp.U (mohon maaf ya dok..klo ada salah penulisan titel/pangkat *ciumtangan) baikkk benerrrrr... emang mendalami herbal2an dan uler2an (punya beberapa peliharaan uler) gituh,, cm semenjak jadi karumkit porsi prakteknya lbh sdkt krn beban tgs sbg karumkit lbh bsr.

Zilha said...

@ gadis + ndha : naah sdh dijwb oleh dr. annis, iyaah betul yang ngasih eike herbal itu dr. Gardjito prakternya di RS AL Mintiharjo benhil.. annis mungkin pernah jadi mahasiswinya pak dokter :D

@ Nella : aaah kamyuuu tau ajah sih kamsudkuuu :p

@ulan, Lira, rere : iyaaaah supaya muantaaab dgn keputusan yang diambil yah harus rela deh ngerogoh isi dompet dikit hehee syukur2 klo ada asuransi..

smg kita semua selalu diberikan nikmat sehat oleh Alloh yah manteman... :*