Thursday, April 11, 2013

the journey to be mommy

cerita baru yang engga baru baru banget.. setelah boboy lahir bulan januari akhirnya gue baru bisa update ini blog (meskipun ga ada yang baca, at least gue punya catatan kisah tentang si boboy).

1 Januari 2013
tahun baru? orang-orang lg euforia, main petasan, main kembang api sisa malem tahun baru.. gue?? ngeflek :D karena gue fikir masih sedikit dan belom mules gue santai ajah.. cuma pas keluar kamar mandi kasih report ke Mr. A..
gue : bi, ak ngeflek
Mr. A : heh? bangkit dari kubur eeeh astagfirulloh bangkit dari kursi.. heboh sendiri, yuks ke rs yuuks... dan kemudian dia manggil2 nyokap.. maaah, aa ngeflek neh maah *tepok jidad deh*
gue : apaan sih, orang belom mules ko.. udah ah ak mau nyuci bajunya kaka (INI JANGAN dicontoh yaaaah.. cucilah baju bayi kalian dari jauh jauh hari... jaga2 klo ternyata lahirannya maju)... selesai nyuci.. ngefleknya ilaaaaaaang

*beberapa jam kemudian*

setelah gue nyuci dan jemur baju si boboy, gue masuk kamar, dan melihat penampakan Mr. A yang sedang PACKING... (yang ini juga jangan ditiru, packing mulai dari 8bulan juga ga papa).. doi packing berbekal list dari mommiesdaily... seneng ga dipackingin suami??? seneeeng bgt cm gue kasian ngeliat dia panik hihii...

gue : ngapain bi?
Mr. A : packing, siap2 buat ke RS
gue : iiih orang ak blm mau lahiran ko *senyuuum lebaaar*

2 Januari 2013
pagi ini berasa aneh, pak suami yang biasanya berangkat ba'da subuh untuk bakarjo mencari nafkah.. ini masih dirumah, sedangkan gue.. emang ga ngantor karna hari ini, hari pertama gue cuti melahirkan... jadi bebas mau bangun jam berapa... :)
Mr. A : yuks ke RS yuks, supaya ak tenang kerjanya besok... ini ak ga kerja cuma mau anter km loh...
gue : iiih belom bii, mules aja engga, ngeflek juga engga
Mr. A : garuk2... yawes, diperiksa ajaa deh
gue : yaudh nanti malem, memang hari ini jadwal check up ko, 39w.. (hari itu memang jadwal gue kontrol, cm sang dokter hari itu ga praktek di RS, praktek di rumahnya malam)
Mr. A : udaah deh gapapa, sama dspog siapa aja.. yah??
gue : ngemall dulu aja yuks smp malem baru kita ke dokter, yaah yaah??
Mr. A : yaud hayu
*siaap2, dandan2, teteup pengen kece klo bener2 harus brojolin :D*
Taaaapiiiii tapiiiiii

gue : koooooooooo arahnya ke sini sih bii??
Mr. A : iyah kita ke RS dl yah baru ngemall, sama dokter siapa aja dl yah.. cm memastikan km baik-baik aja
Gue : *nunduk* yaud deh iyah

*babibubebo... sampailah pada saat nama gue dipanggil suster untuk timbang dan ditensi*

Suster : ibu zilha
Gue : iyah saya sus
Suster : yuk timbang dl bu.. mau ke dokter siapa bu??
Gue : bingung mau jawab apa.. siapa ajah deh sus, yang pasiennya lagi sedikit
Suster : baik, sy liat dl yah bu..... dgn dokter ini yah bu
Gue : iyah sus gpp, makasih

-------gaaa dipanggil2, dan si mules pun muncul, entah karna parno sdh di rs atau beneran mules-------------

Gue : sus, masih lama yah? Saya mules sus
Suster : masih bu, ibu biasanya dgn dokter siapa?
Gue : dokter erdwin rakun sus
Suster : buka buka buku gue... iiih sdh 39w yah? Sebentar sy telf sokter erdwin dl yah bu... -berhubung si dokter ini direktur keuangan jadi dia tiap pagi ngantor di rs inih-

Suster : baik dok, iyah dok *entah apa yang diomongi*

Suster : bu, anjuran dokter erdwin ibu ke bagian bersalin ada dibelakang ruang ini, sdh punya surat pengantar bu?
Gue : nyodororin surat yang pernah dokter erwdin kasih pada saat usia kehamilan 37w.. - dokter erdwin pernah pesan ke gue, kalau nanti sudah mules per lima menit, km langsung ke bagian bersalin bawa surat ini-
Suster : naaaaaaaaah ini ibu sudah punya, langsung kebelakang aja yah bu, yang disini sy cancel aja supaya ga kena charge... nanti bilang sm suster disana, ini pengantar dari dokter erdwin.
Gue : abiiii ayoooo cuuusss ke ruang bersalin...

----babibubebo dgn si suster bagian bersalin---

Suster : mari bu kita periksa dl
Gue : yuks bii
Mr. A : iyah ayuks
Suster : masuk 39minggu yah bu? Sdh mulai mulas?
Mr. A : barusan mules sus, tapi sdh ngeflek dari kemarin
Gue : iyaah sus..
Suster : cek dalem yah bu...
Gue : pasraaaaaaaaaah deeh
Suster : oooooh baru bukaan satu bu, pulang dulu aja
Gue : iyaaaaaaaah sus pulaang aja

-----dari kejauhan terdengar suaraa.... “mana pasien saya, si zilha”-----

Dalam hati... asiik dokter dateng....

Suster : disini dok, cempaka 205.
Dokter : hiii... sambil cengar cengir, gimanaaa??
Suster : baru bukaan satu dok..
Dokter : oooh, pulaaang ajaa zil, jalan2 dulu sana... *sambil terus jalaan menuju gue*
Gue : iyaaah dok jalan2 dimall ajaa yah
Dokter : iyaah, tapi cek lagi yah, kamu kan pasien saya bukan pasien suster.. sy harus tanggungjawab

-----------------------cek dalem lagiiiiiiiiihhhh---------------------------------

Dokter : yeeeeh ini mah bukaan dua sus... neh liat darahnyaa.. sdh km jalan2 di sini aja
Gue : lemeeeeees... deg2an....*gimanaa coba, jalan2 di rs, mana enjoy... yg ada simules ilaang*
Mr. A : jadi langsung nginep neh dok..
Dokter : iyaaah.. sambil pukpuk paha guee... semaaangaat yaah

Gue mulai manyun, mondar mandir didalam kamar... nonton tv.. ga lama kemudian ada bagian catering datang

Si mba catering : dirawat yah bu?
Mr.A : iyah, mba
Si mba catering : kalau gitu, sy antarkan makan siangnya dl yah, masih waktunya makan
*saat itu pukul 14.00 waktu rumah sakit bunda dan anak harapan kita*
Mr. A : iyah mba, makasih.....

Makan siang pun sampai, jus, pocari, aqua dll diantar si mba catering

Mr. A : ayoo kamu makan dl..
Gue : engga ah, yang mau ke RS kan abi, abi aja yang makan
Mr. A : loooh yang mau lahiran kan km, ayoo makan
Gue : ga mau, ga nafsu, udah makan aja.. eman2.. *sambil pegang piring, trs nyodorin itu makanan ke suami... aaaa, ayo makan, sayang makanannya*
Mr. A : bengooong aja, liat gue yang ga jelas hiiihii, sambil tetep makan.

Dan gue pun mulai bosen mondar mandir di dalam kamar... sampe gue dan Mr.A main kreta2an (mondar mandir didalam kamarsambil nyanyi naik kreta api tuttuttutt......hahahaa)
Al hasil kami keluar kamar, dan jalan2 dilorong, liat bayiiik... passssss mau keluar lorong, mau jalan keluar dari ruang cempaka.. diteriakin sm suster... ibuuuuuuu, jalannya jangan smpe keluar2 nanti dikira pasien kabuuuur disini sini aja :D
waktu terus berjalan, dan mulaspun tak kunjung datang (gue sampe sms si dokter pengen makan dureeen, mikirnya sih supaya mulesnya datang)... nyokap, bokap, ade2 gue yang jenguk sampe pulang lagi, karena ngeliat gue masih hahahehe, segar bugar...
 yang datang justru makan malam, dan gue?? Tetep ga kerasa lapaaaar, alhasil Mr.A kena lagi deh harus ngabisin makan hihii *tapiiii makanan orang melahirkan itu enaaaaaaaaaakloooh ga seperti makanan orang sakit *

waktu visit susterpun datang, malaaam buu (sapaa si suster), di tensi dl yuk bu...tensi done *normal* skrg CTG yuks bu... 30menit kemudian suster dataaang...

suster : waaah pembukaannya blm nambah neh bu... ibu makan kan tadi?
*Lirik2an sama Mr. A.... *
Gue : iyaaah makaan
Suster : emmmm harusnya sih nambah pembukaannyaa... tp ga papa, coba saya liat yah bu, sambil unyel2 perut gue yang udh mirip balon mau pecaah
Suster : waduuuuuuuuuh bu, besaar bgt ini hamilnya, terakhir kontrol brp gram bu??
Gue : 3kg brp gt sus..
Suster : klo prediksi saya sih ini 3,5 ada bu... gimana ini ibunya kecil gini, pembukaan ga naik2, paling nanti suntik induksi bu, klo ga bukaan jg paling ibu di secar
Gue : mau gue gampaaaar tuh suster kaya gt...

Tiba tiba hiks hiks hiks, gue meweeeeeek saudara saudara, sedangkan Mr. A bingung kali yah gue kenapa...

Mr. A : loh ko nangis? Kenapa? Sakit?
Gue : enggaa ga mau aku pokonya ga mau
Mr. A : ga mau apa??
Gue : ga mau secar.. ak ga mauuu, ayooo pulang aja, abi sih ak ga mau ke RS dipaksa ke RS, kalau ak dirumah atau jalan2 di mall mungkin pembukaannya jalan
Mr. A : siapaa yang nyuruh km secar???
Gue : itu susternyaaa tadi bilang gt...
Mr. A : yeeeek itu susternya aja geblek.. dokternya aja ga bilang apa2, sdh ah ayo dilap air matanya

Keseeeeeel denger kalimat si suster, akhirnya gue sms dokternya bilang gimana inih doook, pembukaan ga nambah2 dok... si dokter cm jawab, iyah bsk dikasih obat deh

Tepat pukul 22.00 si suster datang... *susternyaa bedaaaa, mungkin sdh ganti shift*
Suster : bu ini ada perintah dari dokter erdwin, ada obat untuk ibu
Gue : *sambil mikir perasaan gue barusan sms, katanya mau dikasih obat bsk kenapa ini obat udh dtg ajah* itu efeknya apa sus? *gueeeeee lupaaa nama obatnya apaaaa*
Suster : obatnya biasanya beraksi setelah 2-6jam, dia membantu merangsang rahim ibu supaya pembukaannya bertambah
Gue : trs klo setalah 6jam pemakaian, pembukaan saya ga bertambah gimana sus
Suster : obat ini hanya boleh dipakai 4x, jika tidak ada penambahan biasanya nanti disuntik induksi bu...
Gue dan mr A liat liatan..
Suster : gimana bu? Bersedia??
Mr. A liat gue sambil ngangguk ngangguk kepalanya J
Gue : iyah deh sus.. pemakaiannya lewat miss V
Suster : sudah selesai yah bu, skrang ibu istirahat dl, siapa tau reaksinya diibu cepat, supaya ibu ada tenaga untuk melahirkan
Gue : iyah makasih sus *naaah klo susternya gini kaan keceee neeeh, ketjup susternyaaa*

Gue dan Mr. A pun bersiap untuk istirahat... daaaaaaaaaaaan pukul 01.00 dini hari, mendadak perut gue muleeeesss... rasanyaa itu seperti lagi window shopping di lantai 1 trs kebelet mau pup tapi toiletnya ada di lantai 37...... langsung melek gue... liat Mr. A lagi tidur nyenyak... berusaha tahaan sekuat tenaga tapiii  ternyata gagal

Gue : biii
Mr. A : zZzZzZzZzZ
Gue : biiiii
Mr. A : zZzzZzZzzZzZ
Gue : bingung gmn banguninnya... mau bangun dari tempat  tidur takut.. abiiiiiiiiiiiiiiiii
Mr. A : kanget hihii... kenapaa kenapaa??
Gue : aku mules, seperti mau pup, sakiit bii..
Mr. A : sebentar yah ak panggil susternya


Dan susterpun dataaang, kali ini susternya bedaaaaa

Suster : kenapa bu?
Gue : mulas sus
Suster : naah obatnya beraksi, yuk sy cek dl yah bu -----ceeeek dalaam laaagiiih untuk ketiga kalinyaaaaaaa---
Suster : nambah neh pembukaannyaa bu, sdh pembukaan 3, sabaar yah bu... kalau bisa tidur, dibuat tidur yah bu, saving tenaga... kalau mulasnya datang lagi, tarik nafaas panjaang yah bu.. ikut senam hamilkan??
Gue : iyah ikut sus..
Suster ; pinteeer, dipraktekin yah bu.. *pukpuk pundak gueeeh* pegi meninggalkan kamar
Mr. A : yuks km bubu lagi yah...
Gue : merem 10menit kemudiaaan... aduuuh biiii, tambah sakit, astagfirulloh, allohuakbar, sakit bii
Mr. A : paaaaaniiiik, sambil ke luar.. susteeer istri saya kesakitaaaan
Suster : emang gt pak rasanya, bapak usap2 pinggangnya ibu aja
Mr. A : emaang gt katanya, ak disuruh usap2 belakang km, sini ak usap2...
Gue : mau ngakaaaak liat muka dia panik, bloon gt

Acara usap mengusappun, berjalan hingga gue terlelap entah berapa menit... tibatiba... coossssss..
Gue : abiiii abiii ini apaa iniii... ak pipis dicelana
Mr. A : aduuuh banyaak bgt
Gue : ketubanku pecah kali bii
Mr . A : seeek seeek tak panggil suster yah
Suster : tenang yah buu, yuk CTG... ooh gpp ko neh jantungnya masih bagus janinnyaa..
Gue : biii tolongin ambilin pocari *gue ingat pesan temen dikantor, klo pecahketuban dluan banyakin minum pocari aja*
Gue : aduuuuuuh biii, ak ga kuaat, smuaa gue sebut deh, bacaan yang bisa gue baca gue bacaa...tolong telfin mamah bii, suruh temenin ak
Mr. A : iyaah sabaar yaah.. sambil pegang handphone

Pukul 02.30 mamah dan papah alhamdulillah sampe..
Gue : aduuh maah sakit bgt maah
Mamah : usap usap kepala gue... iyah emang gt... udah baca doa aja.. baca semua yang bisa dibaca.. tidurin aja
10menit kemudian...
Gue : aduuuuh mah, ampuun mah, maafin ak mah, huhuu sakit mah, cium tangan mamaah... ya alloh sakit bgt yah alloh, ampun yah Alloh...
Mamah : terus usap2 kepala gue.. sambil sedikit demi sedikit netes air matanya
Gue : pegangan suami dari sisi kanan, tapi  muka menghadap ke mamah disisi kiri
5menit kemudian
Gue : Allohuakbar, maaah, makin sakit mah...
Mamah : tetep ngusapngusap kepala sambil bilang AllohuAkbar, Lailahaillalloh, allohuAkbar
Gue : innalillahi wainna Ilaihi
Mamah : heeeeh... Allohuakbar ko innalillahi
Mr. A : masih setia dengan kerjaannya *ngusap2 pinggang gue*

Pukul 04.00 suster dataang lagi
Suster : gimana bu?
Gue : aduuh sus ga kuat sus, sakiit
Suster : aaah masaa ga kuaat?? Kuaat, ibu zilha kan pintar *tapiiiiiii tangannya sambil cek dalem lagi ajaaah read : 4 kaliiiii ajaaah*
Suster : tuh kan pinter sdh bukaan 8 neh.. ayoooo nafaasnya manaa... sambil ambil alat2, lampu dll
Gue : aduuuh sus, udaaah deh, sy minta ila aja.. ga kuat neh sus
Suster : ngakak.. ibuuu ini saya sudah nyiapin peralatan, bentar lagi dokter dateng, baru minta ila, terlambaaaat bu

Dan ga lama kemudiaan.. sang dokter pun dataaang, tetep dengan senyum cemerlaangnyaa.. gimana zil??
Gue : sakiiiit dok..
Dokter : halaaah, sebentar lagi jg ga kerasa apa2.. ayoo siap2
Gue : atur nafas, ambil posisi melahirkaan
 *posisi teteup kanan gue Mr. A, kiri gue nyokap... depan si dokter.. di bagian kaki kanan kiri ada suster...
Dokter : ayoo zil ngeden..
Gue : angkat badan sambil ngedeeeeeeen... kembali ke posisi tidur daaaan kemudiaaan gue teringaaat sambil berkataa... oiaaaaa kaan ga boleee mereem
Serentaaak diruangaan tertawaa
Suster : eaaaa dia inget teori
Gue : tetep ambil posisi buat ngeden lagi :D
Dokter : ayoooo sedikit lagii..
Mr A : tiba2 ngintip2 liat2... sambil merem2
Gue : ngedeeen untuk ketiga kalinya dan Allohu Akbar, Alhamdulillah.... oweee owwwweeek.. tangis bayi mungilku...

tepat pukul 05.15 subuuuh....Suster taro bayiknya di dadaku dan Mr. A... abi dari bayik mengumandangkan adzan dan iqomad di telinga si bayik... sisi kiri sang mamah mencium keningku... subhanallooooooh.. terima kasih yah alloh atas rizkinya, tolong terus bimbing hamba dan suami agar kami mampu mendidik, menyayangi rizki ini dengan baik :) 


Arkaaaaaaaaaaaaaaan :*
Ahmad Arkaan Zuheer (laki2 penerang keluarga yang mulia dan bercahaya... insya alloh, amiiin)
berat lahir 3335gram, panjang 49cm
 

16 comments:

Simply Nella said...

Aaaahhh selalu takjub deh sm birth story ky gini... Subhanallah...
Cessplenggg bener Arkaaan lahirnya cuma 3X ngedenn... Sehat terus ya nak... :*

irma puspita said...

Zilhaaaa...

ini aku ketawa2 sendiri di kantor baca ini >.< *harusnya terharu malah ketawa2 ya* hihi, tapi beneraan deh bayangin kamu dr "diboongin" suami kamu ke mall sampe nglairin, kocak bener kalian berdua Zilhaaa,, hehehee

Alhamdulillaah lancar ya Zilha, smoga Arkan tumbuh sehat, pintar n jadi anak sholeh yaaa... :* :*

Indriani Cyntia said...

zilhaaaaa aku berkaca-kaca lho bacanya... :')
mana ikut deg2an jugaaaa...
alhamdulillah semua lancar, sehat terus yaaaahhh... :*

Zilha said...

@Antenel : amiiin.. ketjup syg untuk adebay-nya antenella.... nanti adebay jug pasti pinteeer waktu mau ketemu sama bunda sm ayahnya.. iyaaahkaan iyaahkaan?? amiiiin

@irmapoez : hahaa iyaah ak sm suami klo mengenang kisah itu juga main ledek2an :D ayooo manaa undangannyaa neh tanteee... ^^


@mamiiiih indrii : amiiin, smg mami dan om valent jg selalu sehaaaaaaaaat selalu yah, walaupun kerjanya ga ada libuur :)

Ny Koes said...

waduh waduuh... ngakak tp berkaca-kaca neh bacanya.. slmt yaaaaa... ikut seneeenggg deh (kec panggilan bude ke gue)

smg Arkaan sehat trs, sholeh dan menambah keberkahan rumah tangga kalian, amiiiin

desieria said...

Ini bacanya sambil lucu, sedih, ngilu hehe...
sebentar lg aku mengalaminya....
doakan aku momziii bisa sekuatmu dan minta ILA/epidural-nya pembukaan 8 jadi ga dikasi wkwk...

Arkaan gemes sm si ganteng atu ini muah muah...
semoga momzi sama abi-nya bisa jd orang tua hebat buat Arkaan aamiinYRA...

deviii... said...

Selamat ya Zilha...
Ini cerita lahirannya lucu amat sih...apalagi pas bilang kan ga boleh merem..hahha
saluut bisa lahiran normal..
next posting critain dunk persiapan km sebelum lahiran apa aja..
Thanks..

Zilha said...

@ Ny. Koes : better budhe dooong maak dibanding arkaan manggil elo uti :p amiiin aminn, smg rumah tangga kita selalu dilimpahkan rahmat, berkah, dari alloh amiiin..


@ momdes : ayooo sdh nyuci baju bayiiik cantik blm?? jgn contoh akuu yah... ketjup syg untuk momdes beserta bayiiik cantiiik, sehaat trs yah syg... :*


@ devi : hihiiii akupun geli sendiri klo mengenang masa itu.. persiapan seblm melahirkan yah?? aduuh apaa yah dev, ak cm ikut senam hamil 3kali, trs semenjak usia kandungan 37 jalan pagi tiap weekend.. berdoa minta diberikan jalan yang terbaik aja :) semaaangaaat yaah dev...

Omit said...

Mbaaakkk aku nangis lho mbk bacanya....:') selamat yah mbaaakkk.....doakan aku menyusul....amiiiinnnnn

Nitya Krisnantari said...

Zilhaaa, selamat ya Mommy..
Semoga Arkaan jadi anak sholeh, pinter, dan berbakti kepada ortu.. Amiiin
:)

Zilha said...

@ omiit : thankiees budook... amin smg dirimu segera menyusuul yaaah kisskissmuaachmuaacchh


@mommy niniitt : amiiin, makasih yaaaa syg... smg darren jg menjadi anak yang sholeh, pintar dan berbakti kpd ortu... darrreen ayoo main sm arkaaan :D

Ria said...

Selamat ya mbak Zilha.. semoga anaknya menjadi anak yang sholeh dan dapat jadi penyejuk hati ke dua orang tua ... Amiiiiin

Annisa said...

akkk.. hebat ya perjuangannya ibu untuk kakak arkan
jadi anak sholeh kebanggaan dan kebahagiaan ibu dan abi ya nak :*
aamiin YRA

Nia Angga said...

hihihi untuk kedua kalinya ngakak.. bayangin aa mules dini hari, segala macm disebut hihi

alhamdulillah lancar yaaa
peyukk buat arkaan

UCHIE said...

Ah, kaka arkaan ibu hebat kan ya... disayang ibunya ya...disayang terussssssssssss

anisndut said...

huhuhu... walaupun udah denger cerita nya langsung, tapi baca tulisan ini tetep berkaca-kaca... :)

kaka arkaan sayaang ibunya terus ya.. sehaat teruss ya ka.. :D

#langsung pgang tlp kangen raihan... heheheh..